Jumat, 10 Februari 2012

ANALISA PROSES INTERAKSI

ANALISA PROSES INTERAKSI Nama Mahasiswa : Yayang Waktu : Pukul 08.00-08.15 WIB ( 15 menit) Tempat : Ruang Jiwa Melati RSJ Majalengka Inisial klien : Ny. A Interaksi ke : 1 (Fase Orientasi) Lingkungan : Di ruang tempat tidur berdampingan dengan ruang tidur utama, duduk berhadapan dengan klien di kursi & suasana relatif tenang. Deskripsi klien : Penampilan klien rapi, tampak sedih dan sambil melamun sendirian Tujuan komunikasi : Klien dapat mengenali perawat dan mengungkapkan secara terbuka mengenai masalahnya Komunikasi Verbal Komunikasi Non Verbal Analisa Berpusat pada Perawat Analisa Berpusat pad Klien Rasional P: Selamat Pagi Bapak. K : Pagi P: Memandang klien dan tersenyum sambil memegang lengan kirinya K: Ekspresi ceria K: Tersenyum P: Ingin memulai interaksi dengan klien P: Merasa senang atas tanggapan klien dan bersiap mulai untuk interaksi selanjutnya K : merasa sudah mengerti tentang kedatangan perawat K : merasa senang dengan kedatangan perawat Kalimat pembuka dalam memulai interaksi awal akan dapat membina hubungan saling percaya P: Bapak, sekarang kita ngobrol dulu ya 15 menit. Mau tidak? K : Boleh, ngobrol apa gito? P: Memandang klien sambil tersenyum dan memegang tangan kanannya K: pandangan tidak menatap wajah perawat P: Merasa klien sudah mulai berespon dan telah mengetahui maksud dari kedatangan perawat P: merasa senang atas respon klien K : paham maksud kedatangan perawat Dengan mengobrol dapat menciptakan rasa percaya pada klien terhadap perawat P : Saya yayang, perawat disini. Kalau ada perlu Bapak bisa hubungi saya. K : Iya deh.. P : tersenyum, kontak mata, membungkuk, ekspresi berharap klien dapat menjawab K : menjawab, memalingkan muka P : Senang atas jawaban klien K : menanggapi kedatangan perawat Memperkenalkan diri dapat menciptakan rasa percaya pada klien terhadap perawat P: Bagaimana keadaan Bapak hari ini? K: Baik – baik aja. P: Memandang klien sambil tersenyum K: pandangan tidak menatap perawat K : sambil memegang tangan kanan perawat (posisi berjabat tangan) P: memperhatikan klien P: Mencoba menggali kondisi klien P : merasa pertanyaannya telah mendapatkan respon oleh klien K : berpikir dan menganalisa jawaban atas pertanyaan dari perawat Menunjukkan perhatian terhadap klien sehingga terjalin hubungan yang baik P : Nama Bapak sapa? K : Toyib. P : Memandang klien sambil tersenyum K : Menunduk sesekali memandang perawat P : mencoba menggali identitas klien P : merasa pertanyaannya telah mendapatkan respon oleh klien K : menanggapi pertanyaan perawat Pertanyaan merupakan suatu tindakan untuk menggali informasi dari klien P : Sapa Toyib itu? K : Hmmmm.. P : Memandang klien, kontak mata. K : Menunduk dan menjawab tidak jelas. P : mencoba menggali keadaan klien K : Menanggapi pertanyaan dengan kebingungan dan sedih Pertanyaan merupakan suatu tindakan untuk menggali informasi dari klien P: Bapak masih ingat tidak sudah berapa lama di rawat di sini ? K: dah dua minggu… (agak lama), eh dah sebulan dah P: menunjukkan sikap penuh perhatian K: Nampak berpikir sambil tersenyum P: mendengarkan dengan penuh perhatian sambil tetap menunduk. P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus P : merasa pertanyaannya mendapatkan respon yang baik dari klien K : mencoba menagkap pertanyaan dan memikirkan jawaban K : merasa jawabannya dapat membantu dalam mengatasi masalahnya Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien P : Kenapa Bapak bisa ada disini? K : Toyib nggak ada.. P: menunjukkan sikap penuh perhatian K: Memperhatikan pertanyaan K: Nampak berpikir, cemberut dan nampak sedih P: mendengarkan dengan penuh perhatian sambil tetap menunduk. P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus P : merasa mendapatkan respon lebih lanjut dan merasa pertanyaannya mendapatkan respon yang baik dari klien K : mencoba menangkap pertanyaan dan memikirkan jawaban K : merasa jawabannya dapat akan membantunya Untuk mengidentifiaksi sejauhmana klien dapat mengingat kejadian masa lalu. Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien P : Emang Toyib kemana? K : Ga tahu,,udah ah. P: menunjukkan sikap penuh perhatian K : Memalingkan muka dan sedih P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus K : menunjukkan sikap tidak kooperatif Untuk mengidentifiaksi sejauhmana klien dapat mengingat kejadian masa lalu. Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien P: Nanti kalau Bapak udah merasa capek bilang ya, nanti istirahat lagi di kamar.. K: Ngobrol lagi tapi sudah cape. P: menunjukkan sikap penuh perhatian K: tampak senang dan tampak lelah K : tampak tersenyum dan memandang klien lainnya P : mengevaluasi keadaan K dan memberikan tawaran kepada K K: merasa senang karena berdiskusi dengan perawat Perlu sekali dalam mengevaluasi klien setiap saat, karena akan berpengaruh pada kemauan klien untuk menjawab. P : Baiklah Pak sebelum saya pergi Bapak ingat tidak nama saya? K : Ingat,,Yayang. P: menunjukkan sikap penuh perhatian K : tampak berpikir, menjawab agak lama P : Mencoba mengevaluasi klien K : mencoba menjawab pertanyaan perawat Dengan mengevaluasi dapat mengetahui keadaan klien P : Iya bagus..Saya rasa kali ini pertemuan kita cukup sampai disini dulu, Bapak istirahat dulu di kamar dengan teman lainnya ya.. K: iya P: menunjukkan perhatian akan kondisi klien K : tampak diam, menggangguk dan tersenyum P: Mencoba mengakhiri pertemuan K : klien merasa ingin beristirahat Agar klien tidak merasa bosan bertemu dengan perawat. P : Nanti besok siang sebelum makan siang kita ngobrol-ngobrol lagi ya.. di kamar depan aja ya.. K : Iya P : Menunjukkan perhatian dan tersenyum K : menganggukkan kepalanya, memegang tangan perawat dan pandangan ke teman kamar sebelahnya P : mengakhiri interaksi dan ingin membawa klien ke kamarnya K : mempersiapkan dirinya untuk ke kamarnya Dengan beristirahat, diharapkan perawat nantinya dapat menggali lebih auh menganai permasalahan klien P: kalau begitu terima kasih atas perhatian Bapak, sampai ketemu nanti besok siang, selamat pagi Bapak? K: selamat pagi juga…. P: menunjukkan perhatian P: tersenyum K: senang dan tersenyum P: mengakhiri interaksi dengan perasaan bahwa klien cukup menerima dirinya K: menyiapkan dirinya untuk berdiskusi besok siang Salam untuk mengakhiri interaksi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar