Jumat, 10 Februari 2012
ANALISA PROSES INTERAKSI
ANALISA PROSES INTERAKSI
Nama Mahasiswa : Yayang Waktu : Pukul 08.00-08.15 WIB ( 15 menit)
Tempat : Ruang Jiwa Melati RSJ Majalengka
Inisial klien : Ny. A
Interaksi ke : 1 (Fase Orientasi)
Lingkungan : Di ruang tempat tidur berdampingan dengan ruang tidur utama, duduk berhadapan dengan klien di kursi & suasana relatif tenang.
Deskripsi klien : Penampilan klien rapi, tampak sedih dan sambil melamun sendirian
Tujuan komunikasi : Klien dapat mengenali perawat dan mengungkapkan secara terbuka mengenai masalahnya
Komunikasi Verbal Komunikasi Non Verbal Analisa Berpusat pada Perawat Analisa Berpusat pad Klien Rasional
P: Selamat Pagi Bapak.
K : Pagi P: Memandang klien dan tersenyum sambil memegang lengan kirinya
K: Ekspresi ceria
K: Tersenyum P: Ingin memulai interaksi dengan klien
P: Merasa senang atas tanggapan klien dan bersiap mulai untuk interaksi selanjutnya
K : merasa sudah
mengerti tentang
kedatangan perawat
K : merasa senang dengan kedatangan perawat Kalimat pembuka dalam memulai interaksi awal akan dapat membina hubungan saling percaya
P: Bapak, sekarang kita ngobrol dulu ya 15 menit. Mau tidak?
K : Boleh, ngobrol apa gito? P: Memandang klien sambil tersenyum dan memegang tangan kanannya
K: pandangan tidak menatap wajah perawat P: Merasa klien sudah mulai berespon dan telah
mengetahui maksud dari kedatangan perawat
P: merasa senang atas respon klien K : paham maksud kedatangan perawat Dengan mengobrol dapat menciptakan rasa percaya pada klien terhadap perawat
P : Saya yayang, perawat disini. Kalau ada perlu Bapak bisa hubungi saya.
K : Iya deh.. P : tersenyum, kontak mata, membungkuk, ekspresi berharap klien dapat menjawab
K : menjawab, memalingkan muka P : Senang atas jawaban klien K : menanggapi kedatangan perawat Memperkenalkan diri dapat menciptakan rasa percaya pada klien terhadap perawat
P: Bagaimana keadaan Bapak hari ini?
K: Baik – baik aja. P: Memandang klien sambil tersenyum
K: pandangan tidak menatap perawat
K : sambil memegang tangan kanan perawat (posisi berjabat tangan) P: memperhatikan klien
P: Mencoba menggali kondisi klien
P : merasa pertanyaannya telah mendapatkan respon oleh klien K : berpikir dan menganalisa jawaban atas pertanyaan dari perawat
Menunjukkan perhatian terhadap klien sehingga terjalin hubungan yang baik
P : Nama Bapak sapa?
K : Toyib. P : Memandang klien sambil tersenyum
K : Menunduk sesekali memandang perawat P : mencoba menggali identitas klien
P : merasa pertanyaannya telah mendapatkan respon oleh klien K : menanggapi pertanyaan perawat Pertanyaan merupakan suatu tindakan untuk menggali informasi dari klien
P : Sapa Toyib itu?
K : Hmmmm.. P : Memandang klien, kontak mata.
K : Menunduk dan menjawab tidak jelas. P : mencoba menggali keadaan klien
K : Menanggapi pertanyaan dengan kebingungan dan sedih Pertanyaan merupakan suatu tindakan untuk menggali informasi dari klien
P: Bapak masih ingat tidak sudah berapa lama di rawat di sini ?
K: dah dua minggu… (agak lama), eh dah sebulan dah P: menunjukkan sikap penuh perhatian
K: Nampak berpikir sambil tersenyum P: mendengarkan dengan penuh perhatian sambil tetap menunduk.
P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus
P : merasa pertanyaannya mendapatkan respon yang baik dari klien K : mencoba menagkap pertanyaan dan memikirkan jawaban
K : merasa jawabannya dapat membantu dalam mengatasi masalahnya Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien
P : Kenapa Bapak bisa ada disini?
K : Toyib nggak ada.. P: menunjukkan sikap penuh perhatian
K: Memperhatikan pertanyaan
K: Nampak berpikir, cemberut dan nampak sedih
P: mendengarkan dengan penuh perhatian sambil tetap menunduk.
P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus
P : merasa mendapatkan respon lebih lanjut dan merasa pertanyaannya mendapatkan respon yang baik dari klien K : mencoba menangkap pertanyaan dan memikirkan jawaban
K : merasa jawabannya dapat akan membantunya Untuk mengidentifiaksi sejauhmana klien dapat mengingat kejadian masa lalu.
Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien
P : Emang Toyib kemana?
K : Ga tahu,,udah ah. P: menunjukkan sikap penuh perhatian
K : Memalingkan muka dan sedih P : mencoba menggali masalah Klien lebih dalam dan terfokus
K : menunjukkan sikap tidak kooperatif Untuk mengidentifiaksi sejauhmana klien dapat mengingat kejadian masa lalu.
Menggali data lebih jauh menunjukkan kesungguhan dalam membantu klien
P: Nanti kalau Bapak udah merasa capek bilang ya, nanti istirahat lagi di kamar..
K: Ngobrol lagi tapi sudah cape. P: menunjukkan sikap penuh perhatian
K: tampak senang dan tampak lelah
K : tampak tersenyum dan memandang klien lainnya P : mengevaluasi keadaan K dan memberikan tawaran kepada K
K: merasa senang karena berdiskusi dengan perawat
Perlu sekali dalam mengevaluasi klien setiap saat, karena akan berpengaruh pada kemauan klien untuk menjawab.
P : Baiklah Pak sebelum saya pergi Bapak ingat tidak nama saya?
K : Ingat,,Yayang. P: menunjukkan sikap penuh perhatian
K : tampak berpikir, menjawab agak lama P : Mencoba mengevaluasi klien K : mencoba menjawab pertanyaan perawat Dengan mengevaluasi dapat mengetahui keadaan klien
P : Iya bagus..Saya rasa kali ini pertemuan kita cukup sampai disini dulu, Bapak istirahat dulu di kamar dengan teman lainnya ya..
K: iya P: menunjukkan perhatian akan kondisi klien
K : tampak diam, menggangguk dan tersenyum P: Mencoba mengakhiri pertemuan K : klien merasa ingin beristirahat Agar klien tidak merasa bosan bertemu dengan perawat.
P : Nanti besok siang sebelum makan siang kita ngobrol-ngobrol lagi ya.. di kamar depan aja ya..
K : Iya
P : Menunjukkan perhatian dan tersenyum
K : menganggukkan kepalanya, memegang tangan perawat dan pandangan ke teman kamar sebelahnya P : mengakhiri interaksi dan ingin membawa klien ke kamarnya K : mempersiapkan dirinya untuk ke kamarnya Dengan beristirahat, diharapkan perawat nantinya dapat menggali lebih auh menganai permasalahan klien
P: kalau begitu terima kasih atas perhatian Bapak, sampai ketemu nanti besok siang, selamat pagi Bapak?
K: selamat pagi juga…. P: menunjukkan perhatian
P: tersenyum
K: senang dan tersenyum P: mengakhiri interaksi dengan perasaan bahwa klien cukup menerima dirinya K: menyiapkan dirinya untuk berdiskusi besok siang Salam untuk mengakhiri interaksi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar