Selasa, 21 Februari 2012

ANALISIS SWOT

ANALISIS SWOT Disusun oleh : Yayang Nur Enida ^_^ Analisis SWOT Mount Elizabeth Hospital Sekilas tentang Mount Elizabeth Hospital, Rumah Sakit Mount Elizabeth merupakan rumah sakit perawatan akut ketiga (tersier), yang terletak di pusat perbelanjaan kota Jakarta, Indonesia. Pusat pengobatan spesialis terbesar di Asia dengan pemfokusan yang tinggi pada spesialis tersendiri. Rumah sakit milik swasta yang kepemilikannya berada di perusahaan Parkway Hospitals Singapore (salah satu organisasi pelayanan kesehatan yang paling terkemuka di Asia dengan jaringan yang luas dari rumah sakit dan fasilitas pelayan kesehatan ) memiliki 505 tempat tidur yang menyediakan berbagai macam layanan medis dan bedah. Terkenal dengan keahlian paramedik spesialisnya dan alat-alat kedokterannya yang terus mengikuti perkembangan teknologi terkini, reputasinya sudah tersebar luas di seluruh Asia, dengan terus menambah jumlah para dokter-dokter ahlinya terutama di dokter-dokter spesialis jantung dan ahli bedah urat syaraf. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang memiliki paling banyak ahli jantung, ahli bedah jantung, ahli urat syaraf dan ahli bedah urat syaraf, begitu juga dengan ahli bedah lainnya dan masih banyak pelayanan tersier lainnya. Juga rumah sakit di Indonesia yang pertama yang menyediakan cardiac catheterisation, cardiac dan neurosurgery dan operasi-operasi sulit lainnya. Beberapa prestasi yang dimiliki Rumah Sakit Mount Elizabeth antara lain : 1) Rumah sakit spesialis pertama di Indonesia yang melakukan operasi jantung terbuka dan pembedahan urat syaraf. 2) Memegang rekor dalam menyelenggarakan jumlah yang terbanyak untuk operasi jantung terbuka dan pembedahan urat syaraf pada kawasan tersendiri di Indonesia. 3) Rumah sakit pertama di Asia yang sukses menyelenggarakan prosedur cardiomyoplasty dan transmyocardinal revascularisation dengan laser jantung. 4) Pendiri pertama “Nuclear Medicine Centre” dalam kawasan tersendiri. 5) Rumah sakit spesialis pertama yang memprakarsai program “Continuing Medical Education” ( CME ) untuk para dokter. Program ini memungkinkan mereka untuk mengikuti teknik- teknik pembedahan tepi yang terbaru dan tetap berada di garis terdepan dalam perkembangan dunia obat- obatan. 6) Rumah sakit spesialis pertama di Asia yang menyediakan kepala pelayanan untuk setiap pasien. 7) Rumah sakit pertama di Asia yang memasang dan menggunakan PET- CT, alat diagnosa yang sangat canggih untuk meneliti tumor. Penghargaan yang diterima Rumah Sakit Mount Elizabeth antara lain : 1) Terakreditasi dengan “Joint Commission International”, penerima akreditasi dari badan akreditasi internasional Amerika berdasarkan “JCAHO” yang mewakili konsensus seluruh dunia pada kualitas perawatan pasien. 2) Kualitas bertaraf oleh Indonesia, refleksi dari komitmen organisasi dalam sebuah bentuk kesempurnaan untuk memakai seluruh pendekatan dalam mengelola orang- orang, cara- cara, dan memperlakukan konsumenuntuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 3) Penghargaan kantin terbaik, penghargaan dari “Health Promotion Board” ini mewakili rumah sakit dari bagian makanan dan minuman yang didedikasikan untuk kebersihan para staff dengan menyediakan makanan yang sehat atau bergizi pada kantin para staff/ pegawai. Data dan Fakta di Rumah Sakit Mount Elizabeth Dari Contoh kasus yang ada, dapat kita simpulkan beberapa data dan fakta yang terjadi di Rumah Sakit Mount Elizabeth. Adapun data dan fakta tersebut antara lain : a. Rumah Sakit Mount Elizabeth merupakan rumah sakit perawatan akut ketiga ( tersier ), yang terletak di pusat perbelanjaan kota Jakarta, Indonesia. b. Rumah Sakit Mount Elizabeth salah satu rumah sakit orang Singapura yang berada di Indonesia. c. Biaya untuk berobat mencapai 4 kali lipat di bandingkan dengan biaya rumah sakit di Singapura. d. Kualitas pelayanan dari para tenaga medis ( dokter dan suster ) sangat memuaskan para pasien. e. Peralatan dan kualitas laboratorium yang lebih baik. f. Pemasaran dari rumah sakit Mount Elizabeth hanya mengandalkan satu hal, yaitu komunikasi dari mulut ke mulut ( word of mouth ). g. Beberapa kategori pelanggan antara lain : * Pelanggan yang puas, Cenderung loyal tetapi tidak memberikan rekomendasi ke orang lain. * Pelanggan yang sangat puas, Pelanggan yang paling banyak memberikan rekomendasi kepada orang lain. Biasanya disebut delighted customer dan bertindak seperti nabi. * Pelanggan tidak puas, Merasa kecewa dengan pelayanan yang ada, dan bisa tidak kembali ke tempat tersebut. * Pelanggan sangat tidak puas, Bertindak seperti teroris. Sering memuntahkan kejengkelannnya dengan menyebarkan informasi yang buruk, bahkan sering lebih negatif dari sebenarnya, serta mengirimkan informasi ke media massa dalam bentuk surat. h. Perlu adanya memotivasi pelanggan untuk menyampaikan komplain, merupakan salah satu cara yang baik untuk mereduksi ketidakpuasan pelanggan. Analisa SWOT Rumah Sakit Mount Elizabeth Analisis SWOT tentunya sudah sering kita mendengarkannya, dari bentuk analisis yang paling sederhana maupun yang rumit, biasa diterapkan di perusahaan besar dan konsultan manajemen. Dalam kehidupan kita sehari-hari, analisis ini sering kita gunakan, baik dalam rumah tangga, pertemanan, militer hingga ke lingkup perusahaan, meskipun kita kadang tidak menyadari bahwa yang kita lakukan adalah cara berpikir secara analisis SWOT. Saat kita dihadapkan pada keputusan untuk memilih lebih dari satu alternatif maka, secara esensi kita telah melakukan analisis SWOT. Salah satu contoh yang sering kita lakukan di kehidupan sehari- hari, misalnya saat kita memutuskan akan menerima atau menolak calon karyawan. Kita pasti akan mempertimbangkan kebaikan, kelemahan, harapan dan resiko di masa mendatang dari pilihan-pilihan yang akan kita putuskan. SWOT sebenarnya adalah hal yang sederhana dan mungkin merupakan teori tertua di dunia karena manusia dari jaman dulu hingga jaman sekarang, dari muda ke tua tidak bisa lepas dari yang namanya “keputusan untuk memilih”. Permasalahan akan semakin kompleks jika pilihan yang akan kita ambil merupakan keputusan yang sulit, yang mengandung resiko dan peluang yang besar, banyaknya alternatif yang akan diambil dan sangat kompleks. Menyikapi data dan fakta yang ada di rumah sakit Mount Elizabeth, kita dapat melakukan sebuah analisis SWOT yang merupakan identifikasi berbagai faktor internal perusahaan dan faktor eksternal yang mempengaruhi potensi bisnis dan daya saing perusahaan secara sistematis dan menyesuaikan ( match ) diantara faktor tersebut untuk merumuskan strategi perusahaan. Adapun definisi faktor eksternal dan internal adalah sebagai berikut : Faktor Internal Rumah Sakit Mount Elizabeth 1. Strength ( kekuatan ) Sumberdaya, keahlian atau keunggulan lain yang relatif dengan pesaing dan kebutuhan pasar ( konsumen ) dimana perusahaan beroperasi atau berharap akan beroperasi. a) Tempat penanganan operasi jantung terbuka dan pembedahan urat syaraf terpadu pertama di Indonesia. b) Dokter – dokter spesialis dan kompeten dibidangnya. c) Pelayanana terpadu, terkoordinir, dan efisien. d) Biaya operasi dalam bentuk paket, terperinci dan transparan. e) Kualitas yang terkontrol dan terukur. f) Tim manajemen yang solid dan profesional. g) Diagnosa akurat. h) Peralatan medis sesuai standart dan modern. i) Sarana dan prasarana memadai. 2.Weakness (kelemahan), Keterbatasan atau kekurangan dalam sumberdaya, keahlian, dan kemampuan yang mengganggu keefektifan kinerja perusahaan. a) Kurang melakukan promosi, hanya mengandalkan satu hal yaitu komunikasi dari mulut ke mulut ( word of mouth ). b) Terbatas hanya dikenal masyarakat kalangan atas. c) Biaya untuk berobat mencapai 4 kali lipat di bandingkan dengan biaya rumah sakit di Indonesia. Faktor Eksternal Rumah Sakit Mount Elizabeth 1. Opportunity ( peluang ), Situasi menguntungkan yang utama dalam lingkungan perusahaan. Trend kunci dan perubahan merupakan salah satu sumber peluang. a) Kemajuan teknologi yang sangat pesat memberi harapan besar bagi penderita jantung dan urat syaraf. b) Banyaknya orang yang lebih memperhatikan mutu dan kualitas pelayan ketimbang biaya yang dikeluarkan. c) Iklan kesehatan diberbagai media mendukung pertumbuhan jumlah pasien. d) Semakin tingginya kesadaran akan kesehatan di mata masyarakat. e) Meningkatnya angka penderita jantung dan urat syaraf. 2. Threats ( tantangan ), Situasi tidak menguntungkan yang utama dalam lingkungan perusahaan. Tantangan merupakan penghambat untuk mencapai posisi saat ini atau yang diharapkan perusahaan. a) Persaingan yang cukup ketat di bidang kesehatan. b) Munculnya rumah sakit baru. c) Tarif yang relatif mahal dibandingkan kompetitor. d) Biaya akomodasi yang mahal bagi keluarga pasien. TABEL POA No Masalah Tujuan Kegiatan Prosedur Kegiatan Waktu & Tempat Biaya Penanggung Jawab 1 Kurang melakukan promosi 1. Tersebarnya informasi ttg Mount Elizabeth Hospital kpd masyarakat. 2. Meningkatkan kunjungan pasien ke Mount Elizabeth Hospital. 1. Membuat pamflet, poster, spanduk. 2. Memuat iklan di media cetak/ elektronik. 1. Membuat rancangan ttg riplet, poster, spanduk & Membuat rancangan iklan di media cetak/ elektronik. 2. Menguji coba rancangan yg dibuat. 3. Mengevaluasi hasil. 4. Melaksanakan rancangan. Waktu : 6 bulan-1thn. Tempat : Jakarta. Keg. 1 - Pembuatan spanduk/poster Rp. 5.000.000 Keg.2 - Pembuatan iklan Rp. 5.000.000 Departemen Humas. 2 Hanya dikenal masyarakat kalangan atas 1. Tersebarnya informasi ttg Mount Elizabeth Hospital kpd seluruh lapisan masyarakat. 2. Kunjungan pasien ke Mount Elizabeth Hospital tidak hanya dari kalangan atas. 3. Tersedianya pelayanan bagi orang yang tidak mampu. 1. Membuat riplet, poster, spanduk. 2. Memuat iklan di media cetak/ elektronik. 3. Menyediakan kamar khusus bagi pasien yg tidak mampu. 1. Membuat rancangan ttg riplet, poster, spanduk & Membuat rancangan iklan di media cetak/ elektronik. 2. Menguji coba rancangan yg dibuat. 3. Mengevaluasi hasil. 4. Melaksanakan rancangan. 5. Menyediakan ruangan u/ pelayanan bagi pasien yg g mampu. Waktu : 6 bulan-1thn. Tempat: Jakarta. Keg.3 - Penyediaan ruangan Rp. 1.000.000.000 Departemen Humas dan Pelayanan 3 Biaya mahal 1. Terjangkaunya biaya pelayanan oleh masayarakat. 1. Melakukan subsidi silang biaya. 1. Mengalokasikan sebagian biaya dari kalangan atas, yg nantinya akan disubsidikan kpd kalangan bawah. Waktu : 6 bulan-1thn. Tempat:Jakarta. Keg.1 - Subsidi @pasien mampu Rp. 1.000.000 Departemen Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar